Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Semua Motor Matic Honda Pakai Rangka eSAF. Ini Daftarnya! Wajib dicatat.

Akhir-akhir ini sepeda motor matic Honda sedang viral di berbagai media sosial terutama tiktok. Banyak warganet mengupload video matic honda dijalanan yang mengalami karat, kropos hingga patah. Beramai-ramai menghujat Honda  dan mempertanyakan kualitas honda yang sekarang.

Warganet menduga kejadian karat pada motor honda terjadi pada kendaraan matic terbaru yang menggunakan rangka eSAF atau disebut enhanched Smart Architecture Frame. Rangka eSAF sendiri pertama kali dihadirkan lewat model Honda Genio pada 2019 lalu. PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut perbedaan rangka eSAF dengan skutik sebelumnya ada pada materialnya.

Secara konstruksi, mayoritas sepeda motor matic Honda menggunakan konstruksi rangka yang sama berjenis underbone. Skutik Honda dengan frame eSAF pun memakai konstruksi rangka underbone. Sedangkan Honda PCX 160 dan Honda ADV 160 yang menggunakan konstruksi double cradle.

Material eSAF diklaim lebih kokoh karena menggunakan pelat baja yang kemudian di-press dan dilas menggunakan alat las laser. Sedangkan rangka sepeda motor matic Honda lainnya menggunakan pipa yang dipotong.

Saat ini ada lima model motor matik Honda yang menggunakan rangka eSAF, yaitu Honda BeAT, Honda Scoopy, Honda Genio dan Honda Vario 160. Sisanya masih menggunakan rangka besi.

Di bawah ini Sepeda motor matic Honda yang sudah menggunakan rangka eSAF:

Honda Scoopy: mulai 2020 (rangka eSAF underbone)

Honda Vario 160: mulai 2022 (rangka eSAF underbone).

Honda Genio: mulai 2019 (rangka eSAF underbone)

Honda BeAT dan BeAT Street: mulai 2020 (rangka eSAF underbone)


Namun masih ada sepeda motor matic Honda yang tidak menggunakan eSAF. Ini dia daftarnya:

Honda ADV 160 (rangka double cradle).

Honda Forza 250 (rangka underbone)

Honda Vario 125 (rangka underbone)

Honda PCX 160 (rangka double cradle).






@ryanprime1995 Membalas @dickypradana92 #fyp #honda #vario #beat #essaf #rangkahonda #rangkahondakeropos ♬ Suara Nangis Sedih Laki Laki - Rusli Ridwan

Posting Komentar untuk "Tak Semua Motor Matic Honda Pakai Rangka eSAF. Ini Daftarnya! Wajib dicatat."