Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru SMP Berstatus Janda ini dimutasi 100km dari Rumah! Penyebabnya gegara ini!


Baru-baru ini beredar video viral seorang guru SMP yang mengatakan bahwa dirinya dimutasi sejauh 100 kilometer dari rumah.

Diduga penyebabnya karena tidak menghadiri undangan dari camat. Ia pun meminta pertolongan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.


Guru tersebut seorang perempuan bernama Musriyatun yang mengajar di SMP Negeri Way Seputih Lampung Tengah (Lamteng).


Ia mengaku dimutasi ke tempat yang sangat jauh dari kediamannya yakni ke SMP Negeri 1 Selagai Lingga, Lampung Tengah.


Video tersebut pun pun viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun TikTok @kangkamalchannel.





Dalam video tersebut sang guru mengenakan kerudung hitam, ia mencurahkan kesedihannya dan mengatakan bahwa dirinya hanya orang kecil yang harus menghidupi tiga orang anak.


“Assalamualaikum wr wb, tolong saya Pak Menteri, tolong saya Pak Presiden,” kata Musriyatun dalam video yang dikutip ayojakarta.com melalui Tiktok @kangkamalchannel, Kamis (9/3/2023).


“Saya sebagai orang kecil, orang biasa, hanya sebagai guru SMP harus menghidupi anak 3 yang anak saya yang 3 orang,” imbuhnya.


Ia mengatakan bahwa saat ini keadaan Kabupaten Lampung Tengah akan melaksanakan konferensi cabang, pemilihan Ketua Muslimat.




Musriyatun menuturkan dirinya hanya sebagai Ketua Muslimat Kecamatan yang merasa terdzalimi.


Saat itu ia tidak menghadiri undangan dari Camat untuk datang di Nuwo Balak tetapi tidak tahu undangan tersebut berkaitan dengan apa.


Namun tak lama setelah itu menurutnya ia mendapat usulan mutasi dari tempatnya bekerja di SMP Negeri 1 Way Seputih.


“Karena tidak memenuhi undangan dari Pak Camat untuk datang di Nuwo Balak. Saya juga tidak tahu undangan itu untuk apa,” ujar Musriyatun dalam video.


"Tiba-tiba saya mendapat usulan mutasi dari tempat saya bekerja di SMP Negeri 1 Way Seputih," imbuhnya.


Alasan guru tersebut tidak memenuhi undangan tersebut karena merawat ayahnya yang sedang sakit, selain itu anaknya juga tengah sakit di Bandar Lampung.





Namun saat kembali ke rumah pada 4 Maret 2023, ia mendapatkan dokumen yang isinya terkait mutasi atau pemindahan dirinya ke SMP Negeri 1 Selagai Lingga, Lampung Tengah.






Jarak mutasi dirinya juga tak kira-kira yakni 100 kilometer jaraknya dari rumah yang saat ini ia tinggali.


Padahal menurut Musriyatun, dirinya tidak pernah menyalahi aturan dinas dan selalu mengikuti peraturan yang ada.


“Saya mendapat surat keputusan harus pindah ke SMPN 1 Selagai Lingga yang jarak tempuhnya 100 kilo dari rumah,” ujarnya sambil menangis.


“Saya hanya perempuan pak, saya selama ini tidak pernah menyalahi dinas saya. Apapun saya lakukan sesuai peraturan yang ada,” imbuhnya.


Dalam video guru SMP tersebut mengaku telah bekerja dengan baik dan telah banyak membantu pemerintah dalam mendirikan sekolah sejak tahun 1994.


Ia juga mengatakan bahwa dirinya bersama rekan muslimat NU di Seputih juga telah banyak memajukan moral dan membangun mental yang baik.


Akibat mutasinya tersebut, dirinya memohon agar tidak dipindahkan ke SMP Negeri 1 Selagai Lingga, apalagi ia juga masih memiliki anak yang bersekolah di bangku SD yang harus dilindungi setiap hari.


“Saya mohon, saya tidak mau pindah. Apakah bisa saya tempuh sebagai perempuan, sementara saya punya anak SD yang harus saya lindungi setiap hari. Tolong saya pak, tolong saya,” pungkasnya.**

Posting Komentar untuk "Guru SMP Berstatus Janda ini dimutasi 100km dari Rumah! Penyebabnya gegara ini!"