Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Video Pengemis Toyor Kepala Perempuan Yang Tak Beri Uang, Satpol Pp: Mesti Cek Benar Atau Editan

Viral Video Pengemis Toyor Kepala Wanita yang Tak Beri Uang, Satpol PP: Harus Cek Benar atau Editan

Viral di media lazim TikTok, video yang menampilkan seorang pengemis bertindak berangasan terhadap perempuan yang sedang makan.

Dalam video terlihat, pengemis itu menoyor kepala perempuan yang menolak secara halus ketika dimintai uang.

Awalnya, dalam video yang berdurasi sekitar 30 detik itu menampilkan dua orang perempuan yang tengah makan di warung.

Tiba-tiba tiba seorang pengemis perempuan mengenakan kerudung dan bermasker hitam menghampiri keduanya untuk meminta-minta.

Salah seorang perempuan dalam video menolak dan menampilkan arahan penolakan secara halus dengan menangkupkan kedua tangannya sambil menganggukkan kepala.

Akan tetapi, pengemis itu malah menoyor kepala salah seorang dari mereka dan pribadi beranjak pergi.

Si perempuan terlihat terkejut sampai tak mengucapkan sepatah kata pun.

Namun jadinya ia dan teman-temannya yang ada dalam video tersebut tertawa.

Sejumlah netizen yang menyaksikan video tersebut turut mengkritik perilaku pengemis yang dianggap tak beretika itu.

Ada pula yang menyarankan bagi hadirin untuk menyodorkan terhadap pemilik rumah makan mudah-mudahan tak membiarkan pengemis masuk.

Belakangan diketahui insiden itu terjadi di salah satu depot kuliner Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo pada Jumat (17/6/2022) sekitar pukul 11.30 WIB.

Tanggapan Satpol PP

Kepala Dinas Satpol PP Kota Probolinggo Aman Suryaman membenarkan lokasi di video tiktok berdurasi 30 detik itu berada di rumah makan wilayah Kota Probolinggo.

Namun, Aman mengaku masih mengkaji dan menyaksikan apalagi dahulu kebenaran insiden di video tersebut.

Menurutnya, tak menutup kemungkinan video itu sengaja dirancang demi konten semata.

"Harus kita cek dan lihat lagi, insiden di foto itu beneran atau editan. Itu konten apa sesuai kenyataan. Kalau pun itu benar, maka pemilik warung mestinya juga ikut mempertahankan ketentraman pelanggannya," kata Aman ketika dihubungi Kompas.com, Senin (20/6/2022) malam.

Aman mengatakan, semestinya pemilik warung atau kawasan kerja keras turut mempertahankan pelanggannya dari gangguan menyerupai pengemis.

Sebab, jumlah petugas Satpol PP terbatas dan tidak mungkin berada di setiap warung di Kota Probolinggo.

Pemilik kerja keras mestinya juga melakukan pekerjaan sama dengan pemerintah lokal untuk menentukan konsumen atau hadirin warungnya merasa tenteram tanpa ada gangguan ketertiban masyarakat.

Meski begitu, kata Aman, Pemkot Probolinggo sudah memfasilitasi warga untuk mengontak call center 112 jikalau menerima gangguan ketertiban masyarakat.

"Petugas kami piket dan stand by 24 jam untuk menindaklanjuti laporan penduduk lewat call center itu," ujar Aman. (Kompas.com/Ahmad Faisol)

Berita terkait lainnya

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Video Perempuan Ditoyor Pengemis alasannya yakni Tak Beri Uang, Ini Tanggapan Satpol PP"

Sumber darihttps://papuabarat.tribunnews.com/2022/06/21/viral-video-pengemis-toyor-kepala-wanita-yang-tak-beri-uang-satpol-pp-harus-cek-benar-atau-editan?page=all

Posting Komentar untuk "Viral Video Pengemis Toyor Kepala Perempuan Yang Tak Beri Uang, Satpol Pp: Mesti Cek Benar Atau Editan"