Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba

Misteri danau toba

DanauToba adalah salah satu daerah tujuan wisata unggulan yang berada di SumateraUtara. Danau yang merupakan bagian dari gugusan Bukit Barisan ini menjadi salahsatu sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar , baik dari kekayaan ikan airtawarnya , maupun dari pelayanan yang berkaitan dengan kepariwisataan. Selainitu bagi masyarakat sekitarnya , Danau Toba tidak hanya merupakan danau biasaseperti danau buatan misalnya , melainkan terikat erat dengan cerita yangberedar secara turun-temurun.

Dalamartikel ini akan dibahas mengenai misteri danau Toba yangterletak di Sumatra Utara. Menurut cerita rakyat yang beredar di wilayahtersebut , danau Toba terjadi karena pada zaman dahulu kala ada seorang pemudamiskin yang jatuh cinta pada seekor ikan. Boleh percaya boleh tidak. Tapibegitulah cerita yang beredar di masyarakat sekitar danau Toba , yang dipercayasebagai sebuah kebenaran sampai sekarang. Cerita rakyat tentang kisah danauToba ini memang terus dipelihara dan dikenal turun-temurun. Karena merupakancerita tutur yang diturunkan secara turun-temurun melalui lisan pula , kisahtentang danau Toba ini dikenal ada beberapa versi.

Memangjika dikaitkan dengan nalar kita adalah hal yang aneh dan mustahil terjadi jikaada manusia jatuh cinta pada seekor ikan. Namun , inilah sebuah legenda yangmenjadi kekayaan khazanah sastra Indonesia. Namanya juga cerita rakyat ,kebenaran secara ilmiah memang masih dipertanyakan. Namun , tentang kebenarancerita rakyat ini dari sudut pandang masyarakat sekitar , tak akan diragukankebenarannya. Bagi masyarakat sekitar kisah tentang danau Toba ini misalnya ,dianggap sebagai sebuah kebenaran yang akan dianggap takabur bila tidakmemempercayainya.

Dalamsetiap legenda , selalu ada hal yang mustahil seperti Dayang Sumbi (legendaTangkuban Perahu) pun jatuh cinta pada seekor anjing. Jadi , hal yang wajar jikadalam legenda danau Toba , ada seorang pemuda jatuh cinta pada ikan. Apalagi  ternyata ikan tersebut merupakan jelmaan putri cantik yang dikutukmisalnya. Dalam cerita rakyat atau legenda yang beredar turun-temurun , memangselalu dinisbatkan pada hal-hal yang irrasional. Namun di balik itu semua ,sebenarnya ada pesan moral yang tinggi. Demikianlah pada akhirnya , dalam setiapcerita rakyat atau legenda , terkandung simbol-simbol yang memerlukanmenerjemahan tersendiri sebelum bisa diambil hikmahnya.

KisahDanau Toba

Padasuatu masa , dikisahkan ada seorang pemuda bernama Toba yang hidup sebatang karadan merana juga dalam keadaan miskin yang nestapa. Suatu hari dia pergimemancing di laut. Konon , dia mendapati seekor ikan ajaib yang pandaiberbicara. Ikan tersebut akan menjadi seorang putri yang cantik jelita jika adayang jatuh cinta dan mau menikahinya. Tentu saja kejadian ini bagi pemuda Tobamerupakan sebuah kejadian tak masuk akal namun pada saat yang sama , telahberhasil menerbitkan harapan. Siapa yang tak suka seorang pemuda miskin danhidup sebatang kara , tiba-tiba bisa menikah dengan serang putri yang cantikjelita. Sekalipun hidup miskin dan merana , tentu hidupnya akan jauh lebihberarti manakala memiliki pasangan hidup yang cantik jelita , apalagi ia adalahseorang putri yang tentu saja anak seorang raja.

Terdorongoleh keinginan untuk segera merubah nasibnya sendiri , pada akhirnya , si pemudamiskin yang aneh ini mau menikahi si ikan. Memang tidak salah , keajaiban ituakhirnya terjadi. Setelah dinikahinya , maka berubahlah ikan itu menjadi seorangperempuan cantik. Kemudian , mereka pun hidup berumah tangga. Namun , si ikan itupunya satu syarat , yaitu jika kelak mereka punya anak , jangan pernah sebut asalusul ibunya atau mengata-ngatai anaknya sebagai anak ikan karena hal itu akanmenyebabkan bencana besar. Tentu saja pemuda Toba menyanggupinya. Apalagisyarat yang diajukan putri cantik yang kini jadi istrinya itu , bukanlah syaratyang berat yang harus dipikul dengan segala penderitaan.

Keinginanpemuda Toba untuk segera merubah nasib , ternyata terkabul. Beberapa tahunberlalu , Toba pun menjadi seorang saudagar kaya raya setelah menikahi seekorikan yang berubah menjadi seorang putrid tersebut. Toba kini hidup bahagia ,tidak saja memiliki istri yang cantik tapi juga bisa hidup kaya raya dari hasilusahanya. Sebagaimana layaknya yang hidup berumah tangga , pada suatu haripasangan Toba dan ikan yang kini berubah jadi putri itu pun dikarunia seoranganak laki-laki yang tampan dan lucu. Namun sayang , anak laki-laki ini mempunyaitabiat yang sangat buruk. Tapi Toba tidak serta-merta kelahiran anaknya yangbertabiat buruk tersebut sebagai kutukan. Sebaliknya Toba dan istrinya putricantik jelmaan ikan itu menganggapnya sebagai batu ujian , yang mau tidak mauharus dihadapi dengan lapang dada. Toba pun berkeyakinan bahwa setiap ujian ituakan datang bagi mereka yang akan ditinggikan derajatnya. Seperti juga galibnyaseorang pelajar yang mendapat  ujian sebelum bisa naik tingkat atau naikkelas.

Kembalikepada anak dari pasangan Toba dan putri ikan. Dia anak yang serakah dan sangatsuka makan , seolah perut kecilnya itu tak pernah puas diisi oleh makanan.Sampai suatu saat , anak laki-laki yang tidak pernah punya rasa kenyang itumemakan semua makanan yang ada di rumah sehingga Toba , ayahnya , merasa kesalkarena dia selalu kehabisan makanan yang tersedia.

AkhirnyaToba lupa dengan janjinya , dia mengucapkan pada anaknya , "dasar anak ikan ,tak tahu diuntung." Tentu saja ini merupakan pelanggaran yang tidaktermaafkan. Buktinya , selepas ucapan itu , memancarlah mata air dari dalam tanahdi rumah pak Toba. Air tersebut terus memancar seolah tak ada habisnya , terusmembesar dan semakin besar sampai akhirnya menenggelamkan semua harta dandesanya. Akhirnya , terbentuklah sebuah danau yang kemudian dinamakan DanauToba.

BerubahMenjadi Naga

Kononkabarnya , menurut mitos yang berkembang di sana , anak Pak Toba itu sendiri padaakhirnya berubah menjadi seekor naga yang menjaga danau itu. Kabarnya , naga itusampai saat ini masih selalu menampakan diri. Beberapa nelayan yang seringmenjala ikan di danau Toba kadang mendapati makhluk besar bersisik seperti ularbesar berenang di permukaan danau. Namun , tak ada seorang pun yang sanggupmembuktikan naga tersebut ada atau tidak. Hanya berupa cerita yang terusberkembang turun-temurun sehingga akhirnya dianggap sebuah kepercayaan.

Demikianlahsalah satu bagian dari misteri yang terikat dengan danau Toba yaitu adanya nagayang merupakan jelmaan dari sosok pak Toba , yang tenggelam beserta seisikampung karena melanggar kesepatan dengan mengatakan anaknya sebagai anak ikan.Ucapan ini merupakan pelanggaran besar yang tak termaafkan , sehingga tidak sajapak Toba yang terkena nasib sial , melainkan seluruh keluarga dan kampungnya.

Banyakhal yang bisa kita petik dari cerita rakyat danau Toba tersebut. Salah satunyaadalah tentang bagaimana menjaga amanat atau janji.

Posting Komentar untuk "Misteri Dibalik Keindahan Danau Toba "