Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Berbakti Pada Orang Renta Dan Pahalanya

Setiap Muslim diwajibkan untuk berbakti terhadap kedua orang tuanya sebab dalam islam posisi orang bau tanah sangatlah mulia. Ada 5 keunggulan dal...

Setiap Muslim diwajibkan untuk berbakti terhadap kedua orang tuanya sebab dalam islam posisi orang bau tanah sangatlah mulia. Ada 5 keunggulan dalam berbakti terhadap orang bau tanah , seumpama yang diterangkan dalam hadist-hadist berikut ini.
Ketahui Berbakti pada Orang Tua dan Pahalanya

1. Merupakan Amal Yang Paling Utama.

Abdullah bin Mas’ud ra berkata. “Aku mengajukan pertanyaan terhadap Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam , ‘Amal apakah yang paling utama ?’ Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab , ‘Shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di permulaan waktunya).’ Aku mengajukan pertanyaan lagi , ‘Kemudian apa ?’ Nabi menjawab: ‘Berbakti terhadap kedua orang tua.’ Aku mengajukan pertanyaan lagi : ‘Kemudian apa ?’ Nabi menjawab , ‘Jihad di jalan Allah’

2. Ridha Allah Bergantung Kepada Ridha Orang Tua

Sesuai hadits Rasulullah saw , disebutkan : “Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra , bahwa Rasulullah saw bersabda: “Ridha Allah bergantung terhadap keridhaan orang bau tanah dan marah Allah bergantung terhadap kemurkaan orang tua”

3. Berbakti Kepada Orang Tua Dapat Menghilangkan Kesulitan Yang Sedang Dialami

Ialah , dengan cara bertawassul dengan amal shalih tersebut. Dalilnya merupakan hadits riwayat dari Ibnu ‘Umar ra tentang cerita tiga orang yang terjebak dalam gua , dan salah seorangnya bertawassul dengan bakti terhadap ibu bapaknya.

4. Akan Diluaskan Rizki Dan Dipanjangkan Umur.

Sesuai sabda Nabi saw “Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan di-panjangkan umurnya , maka hendaklah ia menyambung silaturrahimnya.”

Dalam silaturahmi , yang mesti didahulukan merupakan silaturahmi terhadap orang bau tanah sebelum terhadap yang lain. Banyak di antara saudara-saudara kita yang sering berkunjung terhadap teman-temannya , tapi untuk mendatangi orang tuanya sendiri sangatlah jarang , bahkan tidak pernah. Padahal dikala ia masih kecil , beliau senantiasa bareng orang tuanya. Sesulit apa pun mesti tetap diusahakan untuk bersilaturahmi terhadap kedua orang bau tanah , sebab akrab terhadap keduanya insya Allah akan dimudahkan rizki dan dipanjangkan umurnya.

5. Akan Dimasukkan Ke Surga Oleh Allah ‘Azza wa Jalla.

Berbuat baik dan taat terhadap orang bau tanah merupakan jalan menuju Surga. Sedangkan durhaka terhadap orang bau tanah akan membuat seorang anak tidak masuk Surga. Dan di antara dosa-dosa yang Allah ‘Azza wa Jalla segerakan adzabnya di dunia merupakan berbuat zhalim dan durhaka terhadap orang tua.

Dengan demikian , jikalau seorang anak berbuat baik terhadap orang tuanya , Allah akan menghindarinya dari aneka macam malapetaka , dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla dan akan dimasukkan ke dalam surga.

Posting Komentar untuk "Ketahui Berbakti Pada Orang Renta Dan Pahalanya "