Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu Proaktif atau Reaktif?

Sudah berapa kalikah seseorang memotong jalanmu, membuatmu harus me-rem mendadak? Lalu, apa yang kamu perbuat? Apa kamu mengumpat-umpat? Maki-maki? Atau, kamu biarkan saja? Menertawakannya. Lalu jalan terus. Itu sih terserah kamu.

Orang-orang reaktif membuat pilihan-pilihannya menurut dorongan hati. Mereka seperti sekaleng soda. Kalau kehidupan mengocoknya sedikit saja, tekanannya menumpuk dan tiba-tiba mereka meledak. "Hei goblok! Minggir!"

Orang-orang proaktif membuat pilihan-pilihannya menurut nilai-nilai. Mereka berfikir sebelum bereaksi. Mereka sadar bahwa mereka tidak bisa mengendalikan segala yang terjadi kepada mereka. Tidak seperti orang reaktif yang penuh korban,..orang proaktif adalah ibarat air. Dikocok seperti apapun, dibuka tutupnya, takkan terjadi apa-apa. Takkan terdengar suara mendesis, takkan ada gelembung, takkan ada tekanan. Tetap tenang, dingin, dan terkendali. 

Apakah reaksi kamu terhadap hal-hal yang sehari-hari ini, akan bersikap reaktif atau proaktif? Ini benar-benar terserah kamu. Kamu tidak perlu bereaksi seperti orang lain atau seperti yang seharusnya menurut orang lain.

Penulis : Indri Agape

Posting Komentar untuk "Kamu Proaktif atau Reaktif?"