Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Program Kuis Kala 90-An Yang Terbilang Berhasil

Akhir-akhir ini acara-acara di stasiun TV Indonesia memang cukup mencemaskan kualitasnya , banyak acara-acara tv yang cuma berburu keun...

Akhir-akhir ini acara-acara di stasiun TV Indonesia memang cukup mencemaskan kualitasnya , banyak acara-acara tv yang cuma berburu laba semata tanpa memperhatikan mutu atau mutu siarannya , yang penting asal rating tinggi. 

Berbeda dengan kegiatan kuis tahun 90-an. Ketika itu , kegiatan kuis menjadi salah satu kegiatan yang menawan dan banyak ditonton. Kemasan acaranya betul-betul “kuis” yang memang mengasah otak atau menampilkan tantangan tertentu.

Pada masa itu , kuis pun menjadi kegiatan favorit. Dan diantara kuis-kuis tersebut , setidaknya ada beberapa kuis yang menjadi favorit dengan masa tayang yang cukup panjang dan cukup berhasil menguras perhatian penonton.

1. Kuis Tak Tik Boom
Kuis  Tak Tik Boom juga diciptakan oleh Ani Sumadi. Kuis ini nyaris sama dengan kuis Berpacu Dalam Melodi.

Kuis ini dipandu oleh Dede Yusuf yang kini jadi seorang politikus. Acaranya sendiri tayang ini tayang pada setiap Jumat malam dengan masa tayang mulai 1 Mei 1992 hingga 31 Juli 1998.

RCTI kembali memghadirkan kuis ini pada tahun 2010.  Waktu itu acaranya dibawakan oleh Charles Bonar Sirait dan lalu digantikan oleh Arie Untung. Sayang , acaranya cuma bertahan sebentar.

2. Kuis Siapa Dia?
Salah satu kegiatan kuis lain besutan Ani Sumadi ini pernah jadi tontonan menarik. Betapa tidak , kegiatan ini mencakup memiliki masa tayang yang cukup panjang , yakni 2 Maret 1992 hingga dengan 26 Juni 1998 di TVRI.

Saat itu yang menjadi pembawa kegiatan kuis ini yakni Aom Kusman.

Kuis ini kembali disiarkan oleh TVRI pada tahun 2013 dengan pembawa kegiatan Denny Chandra. Kemudian , kegiatan ini disiarkan oleh Trans 7 dengan pembawa kegiatan Ananda Omesh. Sayangnya , lahirnya kembali kuis ini kurang disambut baik sehingga acaranya tidak bertahan lama.

3. Apa ini Apa Itu ? 
Kuis “Apa ini Apa itu?’  merupakan kuis untuk menebak banyak sekali hal , seumpama tebak gambar , tebak lagu , tokoh , bunyi misteri , ataupun ihwal kegiatan televisi.  Konsep tebak-tebakan ini yang lalu menghasilkan kuis yang tayang di RCTI ini menjadi menarik.

Kuisnya sendiri dipandu oleh Elmo dari permulaan tayang , yakni 2 Agustus 1993 hingga 29 maret 1996. Kemudian , Jeffry Waworuntu menggantikannya dari 1 April 1996 hingga 30 Juli 1999.

Lama berhenti , tahun 2010 , RCTI kembali mengemas kuis ini dengan desain baru. Tidak tanggung-tanggung , tiga pembawa kegiatan dihadirkan , yakni Chika Waode , Olga Syahputra , dan Raffi Ahmad. Sayangnya , senasib dengan kuis yang dilahirkan kembali , kuis ini cuma tayang sebentar.

4. Kuis Jari-Jari
Kuis Jari-jari boleh dikatakan kuis dengan desain yang berlawanan dengan kuis pada umumnya. Saat itu , kegiatan kuis banyak dibawakan oleh pembawa kegiatan dengan penampilan berkelas dan berwibawa.

Namun , kuis Jari-jari dibawakan dengan cukup ceria. Terlebih yang membawakan kegiatan ini yakni komedian ternama , Pepeng.  Acara kuisnya juga melibatkan penonton sebab kegiatan ini yakni kegiatan kuis interaktif melalui telepon.

Dengan desain kegiatan yang gres serta bungkus yang humor namun masih tetap baik , menghasilkan kuis  yang mulai hadir tahun 1992 ini berkesan dan tak terlupakan.

5. Family 100
Diantara banyaknya kuis yang terkenal tahun 90-an , Family 100 boleh jadi menjadi kuis yang paling berhasil dan terus bertahan. Betapa tidak , kuis ini mengalami berulang kali pergeseran baik desain maupun pembawa kegiatan dan tetap saja sukses.  

Kuis yang diadapatasi dari kuis Family Feud dan Family Fortunes ini mengetengahkan desain “pertarungan” dua keluarga yang mesti menebak balasan yang paling banyak menurut hasil survey pada 100 orang.

Pembawa kegiatan kuis ini yakni Sonny Tulung yang lalu melambungkan namanya. 

Kuisnya sendiri pertama tayang di ANTV pada 1 April 1996 hingga 28 November 1998. Pada 5 Juli 1999 hingga 29 Agustus 2004 , kegiatan ini ditayangkan di Indonesiar. Sempat pula acar aini singgat sebentar di TV7 (sekarang Trans 7) pada 22 November 2004 hingga 25 Februari 2005.

Family 100 kini hadir dengan nama New Family 100  yang mulai tayang pada 4 November 2013 di Indosiar. Acara ini pun masih bertahan (kertika arikel ini dibentuk masih tayang) sebab pemirsa cukup terhibur. Terlebih , acaranya kini dibawakan oleh komedian Tukul yang cukup menghibur.

6. Berpacu Dalam Melodi
Berpacu dalam Melodi ialah  acara kuis “melegenda” yang pernah ada. Kuis ini memiliki basis pengemar yang cukup banyak. Dengan pembawa kegiatan Koes Hendratmo dan sloganya “berpacu dalam melodi” menjadi hal yang menggembirakan menikmati kuis ini.

Kuis ini hadir pada tahun 1988. Kemudian begitu terkenal setelah tahun 1990. Namun , berhenti tayang pada 31 Januari 1998.

Konsep kegiatan kuisnya sendiri yakni menebak lagu-lagu terkenal , utamanya lagu-lagu yang hits dari mulai tahun 1950-an. Ini yang menghasilkan siapa saja dari mulai remaja hingga remaja menggemari kegiatan yang tayang di TVRI tersebut.

Setelah berhenti tayang di TVRI , kegiatan ini hadir kembali di televisi lain. Pertama , pada tahun 2000 di Metro TV. Di stasiun televisi milik Surya Paloh tersebut , kuis ini bertahan 5 tahun , yakni 2000 hingga 2005.

Tahun 2013 , kuis ini kembali tayang di TVRI. Tentunya dengan menenteng  kembali Koes Hendratmo selaku pembawa acaranya.  Kemudian tahun 2014 , kuis  yang dicipakan Ani Sumadi ini hadir di NET dengan forma terbaru dan pembawa kegiatan yang lebih.

Posting Komentar untuk "Daftar Program Kuis Kala 90-An Yang Terbilang Berhasil "