Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa gunanya Frustasi?

Jangan menganggap masalah terlalu berbahaya... karena di dalamnya tersirat ketidakpuasan dan rasa tertekan yang menumpuk. Kenyataan bahwa kamu begitu tegang dan sangat tergesa-gesa menunjukkan bahwa kamu tertekan. Kalau semua tampak sangat genting berarti ada banyak yang dipertaruhkan, resikonya tinggi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan. Kamu jarang puas karena selalu mengingat-ingat kesalahanmu sendiri dan orang lain. Semua seolah menjadi masalah. 

Kalau semua menjadi sangat penting bagimu, rasanya hampir tak mungkin kamu merasa gembira. Bagaimana bisa, kamu terlalu sibuk merasa kesal, berharap menjadi orang lain atau mengkritik hidup. Cobalah berfikir betapa konyol dan sia-sianya untuk selalu merasa kesal. Kenyataannya saya akan dikritik, kamu juga. Kita akan kehilangan sesuatu, melakukan kesalahan dan rencana kita kadang akan gagal. Tapi itulah hidup. Apagunanya frustasi karena hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. 

Hidup takkan pernah sempurna dan semulus yg kita inginkan. Yang bagus adalah begitu kita bisa menerima semua kenyataan ini, kita bisa melanjutkan hidup tanpa menjadi tertekan karena hal-hal kecil.

Penulis: Indri Agape

Posting Komentar untuk "Apa gunanya Frustasi?"