Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Misteri Aneh yang Belum Terungkap di Dunia

Misteri Aneh Darimasa ke masa , manusia sudah mengalami berbagai perubahan peradaban dan di dalamnyaterkadang ditemukan jejak aneh yang menimbulkan misteri aneh bagi dunia keilmuan sejarah.Para ahli sejarah , arkeolog , dan para ilmuwan lainnya yang kompeten di bidangini pun hingga saat ini masih terus mencari , menggali , mempelajari , danmenyimpulkan misteri aneh tersebut sehingga diharapkan mampu memperjelas danmungkin dipelajari banyak orang.

Disisi lain , terkadang sebuah kejadian penting dalam sejarah masih berbentukmisteri aneh yang tak dapat diungkap , dijelaskan , dan tidak dapat dipecahkan. Adabanyak misteri yang belum terungkap di dunia ini. Apa saja misteri-misteritersebut? 

Berikut ini pembahasan seputar 8 misteri aneh yang belum terungkap didunia. 

1. Helike (Kota yang Hilang)


Helikemerupakan salah satu dari sekian banyak misteri kota hilang yang hingga kinimasih menjadi teka-teki. Pada akhir abad ke-2 Masehi , seorang penulis Yunanibenama Pausanias menulis sebuah cerita yang isinya mengisahkan kehancuran KotaHelike akibat gempa kuat di malam hari. Selain itu , juga diceritakan jugaterjadinya tsunami yang menghancurkan semua bangunan di kota besar Helike ,sebuah kota maju saat itu. Kota Helike , ibu kota dari AchaeanLeague , merupakan pusat ibadah penyembah dewa kuno Poseidon , dewa laut. 

Tidak ada satu pun jejak keberadaan masyarakat Helike yang tercantum padatulisan-tulisan Yunani Kuno. Sampai akhirnya pada 1861 , seorang arkeologberhasil menemukan uang yang diperkirakan berasal dari Helike. Uang iniberbentuk koin perunggu dengan kepala Poseidon.

Pada2001 , dua orang arkeolog melakukan penelitian dan berupaya menemukan reruntuhanperadaban Helike di bawah kerikil dan lumpur di sebuah pesisir. Hingga saatini , para arkeolog itu sedang melakukan riset seputar kabangkitan dankeruntuhan dari sebuah tempat yang dianggap sebagai Atlantis"sebenarnya". 

2. Rongorongo

Rongorongomerupakan bahasa tulis para penduduk di wilayah Easter Island yang sangat sulitdibaca. Walaupun banyak masyarakat yang mengetahui seputar keberadaan Moai diEaster Island , tetapi tidak banyak orang yang tahu tentang misteri aneh lainnya ditempat tersebut.

Rongorongo dianggap aneh dan misterius sebab tidak ada tetangga bangsa Oceaniayang memakai bahasa tulisan. Bahasa tulisan ini diperkirakan dikenal petamakali pada 1700-an. Tapi sayang , bahasa tulisan ini punah setelahpenjajah-penjajah dari Eropa melarang penggunaan bahasa ini karena adakaitannya dengan akar pagan dari penduduk-penduduk asli di daerah tersebut.

3. Mayat Berlumpur

Misterianeh ini cukup mengerikan dan telah membuat penasaran para penyelidik dari CSIdan penyelidik lainnya. Di bagian Eropa Utara , tepatnya di sekitar rawa-rawabasah dan lahan-lahan basah , ditemukan ratusan mayat kuno berlumpur.

Sebagiandari mayat berlumpur ini pada tubuhnya meninggalkan tanda-tanda penyiksaan dan"kesenangan" abad pertengahan lainnya. Para peneliti yang menelitimisteri aneh ini menuyimpulkan bahwa mayat-mayat ini adalah korban dari ritualpengorbanan di masa lalu. 

4. Naskah Voynic

Naskahkuno memang dapat dijadikan sebagai bukti kuat untuk mengungkap peristiwa yangtarjadi di masa lalu. Tapi , apa jadinya jika naskah kuno tersebut ditulismenggunakan gambar , kode , dan isyarat yang sangat membingungkan para ilmuwan?

NaskahVoynich adalah salah satu naskah misterius yang cukup terkenal. Naskah Voynichini diperkiarakan ditulis pada abad ke-15 atau abad ke-16 dan hingga kinipenulisnya tidak diketahui.

Naskahkuno yang misterius ini banyak dijadikan objek studi intensif oleh paraprofesional maupun para amatir kriptografer. Namun , semua para ahli ini gagalmendeskripsikan semua bagian yang ada dalam naskah. 

Adayang mengatakan bahwa naskah kuno ini hanyalah tipuan. Tapi , ada juga yangmengatakan bahwa naskah ini membahas tema-tema pengobatan abad pertengahan atauabad modern awal. Naskah kuno ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yangmemperlihatkan bahwa naskah ini mempunyai enam bagian , yaitu herbal , biologis ,farmasi , kosmologi , resep , dan astronomis. 

5. Runtuhnya Kaum Minoan

KaumMinoan menjadi popular karena adanya legenda Theseus dan Minotaur. Tapifaktanya , kaumMinoan adalah warisan dari peradaban yang pernah besar dan jugalebih menarik diteliti. Walaupun sebagian besar sejarahwan lebih fokus padakejatuhan kerajaan Roma , tetapi hancurnya kaum Minoan di Pulau Crete ini jugamerupakan sebuah misteri aneh yang sama pentingnya dengan keruntuhan kerajaanRoma.

Adasebuah kisah yang menceritakan bahwa Pulau Crete sempat digoncang karenaterjadi ledakan vulkanik besar di pulau sebelahnya , yaitu Pulau Thera. Paraarkeolog berhasil menemukan buku-buku catatan yang memperlihatkan bahwa kaumMinoan masih bertahan selama kurang lebih 50 tahun sesudah terjadinya ledakantersebut sebelum mereka akhirnya benar-benar menghilang.

Teori-teoriseputar hal-hal yang membuat kaum Minoan menghilang sudah banyak terungkap. Adayang mengatakan jika hilangnya kaum Minoan itu karena debu vulkanik yangmenutupi pulau dan juga menghancurkan seluruh hasil panen. Selain itu ,hilangnya mereka diperkirakan karena diusir oleh bangsa Yunani. 

6. Batu Carnac

Selamaini , keberadaan tentang Stonehenge memang sudah banyak diketahui banyak orang.Lain halnya dengan batu carnac yang tidak terlalu banyak diketahui masyarakatumum. Batu ini tersusun atas 3000 batu megalitik yang berbentuk barisansepanjang 12 kilometer di pesisir Brittany , Barat Laut Perancis.

Mitologiyang berkaitan dengan batu carnac ini yaitu adanya kepercayaan bahwa setiapbatu adalah tentara Roma yang diubah jadi batu oleh seorang penyihir , Merlin.Namun , berdasarkan penelitian ilmiah , batu-batu ini diperkirakan sebasgai alatdeteksi gempa yang rumit. Sementara itu , bangsa Neolithic yang membuat batucarnac tidak diketahui identitasnya. 

7. Robin Hood

Karenakepopulerannya , kisah Robin Hood sampai dibuat dalam film layar lebar. Tapi ,ternyata kebenaran tentang tokoh pemanah tampan ini hingga kini masih menjadimisteri. 
Pencariansejarah seorang perampok legendaris ini sudah memunculkan beberapa nama yangmirip dengannya , di antaranya adalah Rober Hod , seorang buronan Yorkshire yangdikenal juga dengan nama Hobbehod atau Robert Hood dari Wakefield. Pencariantokoh Robin Hood semakin menjadi rumit seiring nama Robin Hood dijadikanistilah umum untuk orang yang ada di luar perlindungan hukum. 
Saatliteratur mulai memunculkan karakter-karakter baru dalam dongeng Robin Hoodseperti Richard the Lionhearth dan Prince John , jejak keberadaan Robin Hoodsemakin tidak jelas. Hingga saat ini , tidak ada seorang juga yang mengetahuisiapa sebenarnya tokoh kriminal ini. 

8. Pasukan Romawi yang Hilang

Sesudahpasukan Parthia berhasil menang atas tentara Jenderal Romawi Crassus ,diceritakan bahwa sejumlah tahanan perang melarikan diri melewati padang pasiryang 17 tahun kemudian akhirnya ditangkap oleh militer Han.
BanGu , seorang ahli sejarah abad pertama , menulis sebuah hikayat seputarkonfrontasi sekelompok pasukan aneh berjumlah seratus tentara yang berperangmenggunakan formasi unik berskala ikan untuk pasukan Romawi. 

Ahli sejarahlainnya yang berasal dari Oxford membandingkan catatan-catatan kuno danmenyimpulkan bahwa tentara Romawi yang hilang tersebut berhasil menemukansebuah kota kecil di sekitar padang pasir Gobi. Kota ini bernama Ligian dandalam bahasa Cina di kenal dengan sebutan Roma.

TesDNA pun dilakukan untuk mamastikan kebenaran tersebut dan diharapkan mampumengungkap misteri aneh seputar tentara yang berambut pirang , bermata hijau ,dan suka berkelahi melawan banteng.

Demikian pembahasan tentang 8 Misteri Aneh yang Belum Terungkap di Dunia , semoga bisa menambah wawasan pembaca.


Posting Komentar untuk "8 Misteri Aneh yang Belum Terungkap di Dunia "