Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Seputar Bom Hidrogen Yang Bikin Negara Andal Takut

10 Fakta Seputar Bom Hidrogen

Apa Itu Bom Hidrogen?

Bom hidrogen tercipta tak lepas dari pengembangan senjata nuklir. Senjata nuklir yang paling mematikan di dunia mempunyai dua tipe dasar. Tipe pertama menciptakan energi yang ledakannya cuma dari proses reaksi fisi. Senjata nuklir tipe pertama inilah yang dinamakan bom atom atau atomic bomb atau juga dipahami selaku A-bombs. Energi bom atom ini cuma dibuat dari inti atom.

Dan Belum usang ini Korea utara sudah mengklaim bahwa ia berhasil melakukan uji coba senjata bom hidrogen di situs tes Punggye-ri. Peledakan senjata bom hidrogen atau termonuklir itu menyebabkan gempa dengan 5 ,1 magnitude yang terasa sampai bermil-mil jauhnya. 
10 Fakta Seputar Bom Hidrogen

Suksesnya uji coba ledakan menandai langkah besar dalam pengembangan nuklir Korea Utara. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan kecemasan yang cukup besar bagi negara-negara tetangga.

Dan Inilah 10 fakta perihal bom hidrogen:
  1. Bom fisi yang paling mempunyai pengaruh yang pernah dibangun sanggup menciptakan ledakan sebesar 500.000 ton TNT. Tapi bom hidrogen sanggup 1.000 kali lebih dahsyat dibanding senjata atom tersebut. Bom hidrogen sanggup meluluhlantakkan seluruh kota-kota dalam satu ledakan.
  2. Bom hidrogen mendapat energinya lewat fusi atom , sedangkan bom atom biasa menerimanya lewat fisi atom.
  3. Fusi dan fisi merupakan jenis reaksi berlawanan yang melepaskan energi atom. Dalam fisi , suatu atom dibelah menjadi dua atau lebih , sehingga atom menjadi lebih ringan. Fusi , kebalikannya , terjadi dikala dua atau lebih atom dilebur menjadi satu , bikin atom yang lebih besar dan berat. Bom hidrogen menggunakan fusi dari atom hidrogen , sesuai namanya. Bom ini didasarkan pada proses fusi nuklir yang memadukan isotop-isotop hidrogen (deuterium dan tritium).
  4. Bom dari reaksi fusi lebih mutakhir dan lebih susah dibentuk , alasannya merupakan membutuhkan suhu yang lebih tinggi sanggup meraih jutaan derajat celcius.
  5. Bom hidrogen memadukan kedua fisi nuklir dan fusi nuklir untuk menciptakan ledakan jauh lebih kuat. Kaprikornus , pertama-tama ditangani fisi atom untuk menciptakan lebih banyak energi , yang digunakan untuk mengawali fusi.
  6. Lebih gampang bikin bom hidrogen dalam ukuran kecil , sehingga lebih gampang diposisikan dalam suatu misil.
  7. Hiroshima dan Nagasaki , keduanya merupakan kota yang pernah dihantam bom atom , tetapi sampai hari ini , bom hidrogen belum pernah digunakan dalam perang.
  8. Bom hidrogen terkuat yang pernah dibentuk merupakan Tsar Bomba yang memiliki arti “Kaisar dari segala bom”—berkekuatan 50 megaton TNT. Bom ini dibentuk oleh Uni Soviet dan diuji coba pada 30 Oktober 1961. Ledakannya menciptakan jamur api setinggi 94 km , mengakibatkan radiasi yang meluas sampai 62 mil jauhnya. Bahkan , jendela yang berjarak lebih dari 500 mil hancur lebur selama uji coba bom itu.
  9. Bom hidrogen juga kerap dinamakan selaku senjata termonuklir. Alasannya , tipe bom nuklir ini didasarkan pada proses fusi nuklir yang memadukan isotop-isotop hidrogen.

Posting Komentar untuk "10 Fakta Seputar Bom Hidrogen Yang Bikin Negara Andal Takut "